Jumat, 29 April 2011

MENGGALI POTENSI DIRI

Setiap manusia dilahirkan kedunia dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Diciptakan demikian agar manusia dapat saling melengkapi satu sama lain. Tugas manusia hanyalah menggali kemampuan yang dimiliki.

Sering kita merasa bahwa kita tidak bisa berprestasi seperti mereka. Selalu merasa bahwa rumput tetangga selalu lebih hijau. Padahal di setiap diri manusia terdapat potensi yang bermacam-macam yang setiap manusia tidak sama. Tetapi tidak semua manusia dapat mengukur potensi yang mereka punya. Bahkan ada yang beranggapan bahwa hal itu bukanlah hal yang penting. Padahal mengetahui potensi diri sangatlah bermanfaat. Dengan mengetahui potensi diri akan mudah bagi kita untuk mencari pekerjaan. Dan pekerjaan yang kita lakukan akan tersa mudah karena sesuai dengan minat dan bakat yang kita punya.
“Lalu bagaimana cara menggali kemampuan diri??”

Selalu muncul pertanyaan seperti ini dalam diri manusia. Mereka selalu merasa bahwa mereka hanyalah manusia yang tidak memiliki sesuatu yang special. Harusnya pertanyaan seperti ini dihapus. Harusnya kita percaya bahwa ada sesuat dalam diri kita yang istimewa.Sebelumnya perlu diketahui bahwa potensi diri tidak selalu dalam bidang akademik atau hard skill saja. Tetapi ada juga yang disebut soft skill. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menggali potensi diri. Pertama, Kita dapat mulai dari hobi atau kebiasaan yang sering kita lakukan. Misal yang mempunyai hobi menulis.  Tulisannya akan lebih bermanfaat aasih pabila dikembangkan dalam bentuk karya tulis, blog atau novel. Kedua, dari minat kita. Kemana minat akan membawa kita. Sesuatu yang dilakuakn sesuai dengan minat akan berjalan mulus. Dan dari minat itu kan menghasilkan sebuah prestasi. Atau bisa juga dengan cara aktif mengikuti organisasi. Dalam sebuah organisasi dengan sendirinya akan melatih soft skil kita. Dari berorganisai akan melatih soft skill kita seperti kepemimpinan, kemampuan berbicara di depan umum, dan masih banyak lagi.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam usaha kita menggali potensi diri kita:
1.       Niat
2.       Kenali hobi diri sendiri
3.       Telusuri minat dan bakat kita
4.       Jangan lelah mencoba hal-hal baru.
5.       Jangan pernah menyerah
6.       Jika gagal jangan patah semangat,terus mecoba dan belajar dari kesalahan terdahulu.
Dengan begitu kita dapat menggali potensi yang ada pada diri kita dan menghasilkan sebuah prestasi.
Saat ini mahasiswa seddang mengalami perubahan masa dari masa remaja ke masa pendewasaan. Masing-masing sibuk mencari jati diri. Mencari potensi apa yang ada dalam diri mereka. Saat musim pertama kuliah mahasiswa baru disuguhi dengan beberapa UKM yang ada di ITS. Setiap mahasiswa  boleh memilih jenis UKM yang sesuai dengan hobi dan minat masing-masing.
Cara lain untuk mengetahui kemampuan kita adalah dengan mengikuti acara Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa( LKMM).Acara ini bersifat pelatihan ketrampilan mahasiswa untuk mengetahui kemampuan diri. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru untuk mengetahui potensi mereka. Dari potensi yang mereka miliki dapat dikembangkan sehingga menjadi sebuah prestasi yang membanggakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar